Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif JigsawPada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kuripan

Authors

  • Luk Luk Atul Masfufah Universitas Terbuka Author
  • Ichwan Universitas Terbuka Author

Keywords:

Hasil Belajar, Jigsaw, Pembelajaran Kooperatif, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga pertemuan. Setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa dan observasi aktivitas selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa di setiap siklus. Pendekatan Jigsaw berhasil meningkatkan pemahaman materi, keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dan persentase ketuntasan klasikal. Kendala seperti kurangnya partisipasi aktif siswa dan gangguan selama proses pembelajaran berhasil diatasi melalui refleksi dan perbaikan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil ini, model pembelajaran Jigsaw direkomendasikan untuk diterapkan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa secara aktif pada pembelajaran IPS.

References

Aminah, H. S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.

Arigiyati, T. A., Kusumaningrum, B., Maysaroh, I. L., Kuncoro, K. S., Pahmi, S., & Özsüt, B. (2023). The effect of self-regulated learning and learning interest on mathematics learning outcomes. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Jahantab, Z. (2021). Role of education in national development. Pakistan Journal of Applied Social Sciences, 12(1), 87-108.

Kurniawan, R., Kurniawan, A., & Wijaya, D. (2021). Students’ interest in physical education learning: Analysis of internal and external factors. Journal Sport Area.

Lewin, K. (1946). Action research and minority problems. Journal of social issues, 2(4), 34-46.

Li, J., & Xue, E. (2023). Dynamic interaction between student learning behaviour and learning environment: Meta-analysis of student engagement and its influencing factors. Behavioral Sciences, 13.

Maryani, M., & Suparno, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Minat Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Negeri Mangunsari 02 Salatiga. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.

Metekohy, L. M., Daliman, M., Metekohy, B., & Ming, D. (2022). The impact of teaching and learning quality process to school and university education for sustainable future. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia).

Ningsih, A. R., Mentari, S., Julyanto, R., & Safrudin, S. (2022). The development of educational human resources through Indonesia’s education system. Interdisciplinary Social Studies.

Rumalag, S., Tawas, Y., & Lempas, J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Ratahan. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5574.

Setianingrum, R. D. (2016). Pengaruh Penerapan Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Sabranglor. Basic Education.

Sobandi, A., & Nurlatifah, N. (2019). Teaching skills and learning discipline as factors affecting students’ learning outcomes. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance.

Supriyatin, S., Sigit, D. V., & Matdalena, F. (2019). How will personality combined with motivation affect student learning outcomes of ecosystem course? Journal of Physics: Conference Series, 1402.

Upadhyay, A. (2022). A study on the role of education in various facets of human development. International Journal of Management and Development Studies.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif JigsawPada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kuripan. (2024). Journal of Learning and Educational Technology, 1(1), 44-51. https://ojs.indoscience.co.id/index.php/jlet/article/view/9