Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Islam Tambora
Keywords:
Hasil Belajar, Media Interaktif, Media PembelajaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media interaktif berbasis Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Islam Tambora. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan dorongan kepada seluruh elemen pendidikan di sekolah, khususnya para guru, agar lebih inovatif dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang guna menciptakan pembelajaran yang lebih kreatif dan bervariasi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Data penelitian mencakup penggunaan media interaktif berbasis Canva dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA kelas VII dengan materi Tata Surya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif dengan penyajian data secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media interaktif berbasis Canva pada mata pelajaran IPA di SMP Islam Tambora berlangsung dengan baik dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih interaktif dalam pembelajaran, dan proses pembelajaran menjadi lebih terarah berkat penggunaan media Canva.
References
Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27-40.
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75-84.
Anggraini, L. W., & Rahmawati, L. E. (2023). Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kegiatan Lakusi (Latihan Khusus Literasi). Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 60-70.
Fauziah, Z., Shofiyuddin, A., & Rofiana, H. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam, 9(1), 7-19.
Hadana, H. S., Utomo, A. P. Y., Sa’adah, N., & Ardyasti, T. (2023). Implementasi Media Canva pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Negosiasi Kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 1(1), 126-142.
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Lusiana, T. S., Briliany, N., Purdhani, L. T., Suryani, C., Nuraeni, S., Alfiyah, A., & Maranatha, J. R. (2021). Edukasi Guru dalam Pembuatan Infografis Media Pembelajaran Anak Usia 4-6 Tahun Menggunakan Aplikasi Canva di TK Tunas Harapan. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(1), 8-14.
Mahanani, E. N., & Dhamina, S. I. (2024). Konsep Makna Aktivitas Mata dalam Bahasa Jawa: Kajian Linguistik Kognitif. DIWANGKARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya Jawa, 3(2).
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275-281.
Mujab, S., & Gumelar, W. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1538-1545.
Nuraeni, L., Jumiatin, D., & Westhisi, S. M. (2022). Penyuluhan Model Pembelajaran Inovatif Paud Holistik Integratif Melalui Aplikasi Canva Untuk Guru PAUD. Abdimas Siliwangi, 5(2), 338-348.
Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153-162.
Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334.
Putra, L. D. (2022). Pemanfaatan Canva for Education sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan Kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125-138.
Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209-213.s
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In CV Nata Karya (Vol. 53, Issue 9). Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, 2(2), 187-200.
Utomo, A. P. Y., & Yulianti, U. H. (2017). Pengembangan Media Interaktif Menyunting Karangan Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Berbasis TIK pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 48-55.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitria Nur Anissa, Asnah Marlina N. Limbong (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
