Pemanfaatan Learning Management System untuk Seleksi Calon Karyawan

Authors

Keywords:

Learning Management System, Moodle, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Learning Management System (LMS) Moodle yang diimplementasikan kedalam bootcamp yang telah mengadopsi model pembelajaran jarak jauh dengan implementasi desain sistem pembelajaran e-learning yang di dalamnya meliputi media digital sebagai bahan ajar, LMS Moodle dan aplikasi discord yang digunakan sebagai media interaksi antara mentor dengan calon karyawan P79. Aktifitas boot camp digunakan untuk menyeleksi calon talent atau calon karyawan menjadi karyawan P79 yang sudah siap dalam menghadapi dunia kerja khususnya pada segmen software developer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam proses implementasi LMS Moodle dapat memberikan perubahan yang sangat significant dalam hal menjangkau calon talent atau calon karyawan di luar Bandung dan sekitarnya sekaligus dapat memangkas proses seleksi yang sebelumnya menghabiskan waktu selama tiga bulan menjadi satu sampai dengan dua bulan. Namun dibalik keunggulan dari pengimplementasian LMS Moodle, kepemilikan komitmen dan memunculkan motivasi belajar sangat diperlukan untuk mempertahankan konsistensi belajar hingga dapat menyelesaikan aktifitas bootcamp hingga selesai dan mendapat rekomendasi fase probation karyawan P79.

References

Chusna, N. L. U. (2019). Pembelajaran E-Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.36

Cole, J., & Foster, H. (2008). Using Moodle: Teaching with the Popular Open Source Course Management System (2nd ed.). O'Reilly Media.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches(4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Dougiamas, M., & Taylor, P. C. (2003). Moodle: Using Learning Communities to Create An Open Source Course Management System. In Proceedings of the EDMEDIA 2003 Conference (pp. 171-178).

Haan, K. (2023). Best Learning Management Systems (LMS) Of 2023. Forbes Advisor.

Johnson, N., Veletsianos, G., & Seaman, J. (2020). U.S. Faculty and Administrators' Experiences and Approaches in The Early Weeks of The COVID-19 Pandemic. Online Learning, 24(2), 6-21.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Moore, M. G., & Kearsley, G. (2012). Distance Education: A Systems View of Online Learning. Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Rohmanu, A., Purwanto, P., & Mukarromah, A. (2020). Tantangan dan Kendala dalam Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(1), 45-56. https://doi.org/10.17509/jptk.v16i1.24011

Sadeghi, M. (2019). A Shift from Classroom to Distance Learning: Advantages and Limitations. International Journal of Research in English Education, 4(1), 80-88. https://doi.org/10.29252/ijree.4.1.80

Suartama, I. K., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2019). Development of An Instructional Design Model for Mobile Blended Learning in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(16), 4-22. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633

Thompson, C. (2018). The rise of Discord: How a video game chat app came to be embraced by the far-right. The New York Times Magazine. Retrieved from https://www.nytimes.com

Wadhwani, P. (2023). E-learning Market Size - By Technology (Online E-learning, LMS, Mobile E-learning, Rapid E-learning, Virtual Classroom, Others), Provider (Service, Content), Application (Corporate, Academic, Government) & Forecast, 2023 – 2032. Global Market Insight.

Wardhana, A. C., Segara, A. J. T., Adhinata, F. D., & Rakhmadani, D. P. (2020). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Learning Management System berbasis Moodle untuk Guru di SMK Maarif NU 2 Ajibarang. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 231-237.

Widyawati, U., & Witasari, N. (2023). Pemanfaatan Learning Management System(LMS) Berbasis Moodle dalam Pembelajaran Sejarah Pada Kelas X SMK Negeri 3 Magelang. Indonesian Journal of History Education, 8(1), 121–130.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Pemanfaatan Learning Management System untuk Seleksi Calon Karyawan. (2024). Journal of Learning and Educational Technology, 1(1), 24-32. https://ojs.indoscience.co.id/index.php/jlet/article/view/4