Pendekatan Pembelajaran Individu untuk Anak Berkebutuhan Khusus dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ajeng Arief Darmawati Universitas Negeri Malang Author
  • Dian Kusumawati Universitas Negeri Malang Author
  • Lis Suaibatul Aslamiyah Universitas Negeri Malang Author

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Inklusi

Abstract

Penelitian ini mengkaji tantangan dan potensi implementasi Kurikulum Merdeka dalam mendukung pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di Indonesia. Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), studi ini menyoroti berbagai hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, termasuk keterbatasan fleksibilitas kurikulum, kurangnya sumber daya dan pelatihan bagi guru, serta stigma sosial yang masih melekat terhadap anak berkebutuhan khusus. Meskipun menghadapi banyak tantangan, Kurikulum Merdeka yang berbasis kompetensi memiliki potensi besar dalam memfasilitasi pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif. Studi ini menekankan perlunya upaya kolaboratif dari pemerintah, sekolah, dan masyarakat untuk menyediakan sumber daya yang memadai dan pelatihan yang berkesinambungan bagi guru, guna mengoptimalkan potensi Kurikulum Merdeka dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih baik, sehingga semua anak, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, dapat memperoleh pendidikan berkualitas dan kesempatan untuk mencapai potensi terbaik mereka.

References

Anggraini, L., Syahrial, Z., & Situmorang, R. (2019). Learning Process in Inclusive Primary School. Proceedings of the First International Conference on Technology and Educational Science.

Astuti, M., Marlina, L., Saprullah, S., Irvan, I. A., & Fitrianti, E. (2023). Implementasi K13 dan Penyesuaian Terhadap Kurikulum Merdeka di SLB-A PRPCN Palembang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal.

Dell’Anna, S., Pellegrini, M., & Ianes, D. (2019). Experiences and learning outcomes of students without special educational needs in inclusive settings: A systematic review. International Journal of Inclusive Education, 25(7-8), 944-959.

Fannisa, A. A., Anggraini, D., Romdani, K. N., & Dewi, M. T. (2023). Challenges of Learning Social Science in the "Merdeka" Curriculum in Elementary Schools. MANDALIKA: Journal of Social Science.

Hasibuan, H. Y., Syamsuri, S., Santosa, C. A. H. F., & Pamungkas, A. (2020). Profil Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus Ragam Slow Learner di Kelas Inklusif SMP Garuda Cendekia Jakarta. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang.

Herlina, H. (2023). Analysis of Differentiated Learning Needs in Mathematics Subjects in Class 5 of SDN 182 North Bengkulu. JENTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Mahmud, F. K., Mirnawati, M., & Kusumastuti, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Khusus Kak Seto Kota Tangerang Selatan. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan.

Marta, N., Djunaidi, & Martini, S. (2023). Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru untuk Pembelajaran Inovatif Kurikulum Merdeka di SMP Pattimura. Sarwahita.

Nind, M., & Wearmouth, J. (2006). Including children with special educational needs in mainstream classrooms: Implications for pedagogy from a systematic review. Journal of Research in Special Educational Needs, 6(3), 116-124.

Nursaputri, E. R., & Sabat, Y. (2023). Kindergarten Teachers’ Readiness in Implementing Kurikulum Merdeka. Academy of Education Journal.

Pertiwi, R. P., & Dewi, S. E. K. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Inklusi. Jurnal Elementaria Edukasia.

Rashid, S. M., & Wong, M. T. (2022). Challenges of implementing the individualized education plan (IEP) for special needs children with learning disabilities: Systematic literature review (SLR). International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 2-15.

Reza, F., Rohmah, Z., & Abdullah, N. N. (2023). Challenges in Implementing Kurikulum Merdeka for EFL Teachers. JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies).

Rudhiani, H., & Wagiran. (2015). Rekonstruksi Soal Penilaian Aspek Keterampilan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013. Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sacks, L., & Haider, S. (2017). Challenges in Implementation of Individualized Educational Plan (IEPs): Perspectives from India and the United States of America. Indian Journal of Health and Wellbeing, 8(12), 958-965.

Sobarna, C. (2018). Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Metahumaniora.

Syarifuddin, S., & Hz, B. I. R. (2023). Adapting to Change: The Experiences of EFL Teachers with Curriculum Reform. Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching.

Utami, M. N., & Putra, W. B. (2020). Fasilitas Ruang Khusus Pada Sekolah Inklusi Binar Indonesia (Bindo) di Bandung. TERRACOTTA.

Zuhr, M. S., & Nasir, M. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Pendekatan Pembelajaran Individu untuk Anak Berkebutuhan Khusus dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. (2024). Journal of Learning and Educational Technology, 1(1), 8-15. https://ojs.indoscience.co.id/index.php/jlet/article/view/2