Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah sebagai Alat Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan
Keywords:
Corporate Social Responsibility (CSR), Bank Umum Syariah (BUS), Transparansi, Akuntabilitas Keuangan, Laporan Tahunan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia dan bagaimana pengungkapan tersebut berkontribusi terhadap peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan. CSR di perbankan syariah diharapakan tidak hanya menjadi kewajiban sosial, tetapi juga sebagai strategi yang mendukung keberlajutan bisnis dan reputasi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap laporan tahunan dan dokumen CSR dari 13 BUS yang terdaftar di Otopritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar bank syariah di Indonesia telah mengungkapkan program CSR mereka dengan jelas dan terperinci, mencakup berbagai bidang seperti lingkungan, sosial, pendidikan, dan keagamaan. Program-program CSR ini mencerminkan komitmen bank terhadap prinsip-prinsip syariah yang menekankan pada kesejahteraan masyarakat fdan keberlajutan lingkungan. Meskipun demikian, terdapat beberapa bank yang tidak mengungkapkan informasi terkait CSR. Secara keseluruhan, pengungkapan CSR yang efektif berkontribusi pada peningkatan akuntabilitas dan transparansi keuangan, memperkuat reputasi perusahaan, serta meingkatkan hubungan dengan pemangku kepentingan. CSR memiliki peran yang krusial dalam mendorong kinerja keuangan yang berkelanjutan dan mendukung integritas perusahaan dalam industri perbankan syariah.
References
Adisaputra, T. F. (2021). Pengaruh Islamic Social Reporting Terhadap Kinerja Keuangan, Zakat Sebagai Intervening Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(3), 706. https://doi.org/10.30651/jms.v6i3.7997
Asuti, S. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUKURAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN INDEKS ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR). Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika, 16, 162–174. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/akmenika.v16i1.165
Bank Aladin Syariah. (2023). Membangun Pertumbuhan Berkelanjutan Melalui Kolaborasi Inklusivitas.
Bank Panin Dubai Syariah. (2023). Melayani Lebih Baik Serve Better.
BPD Riau Kepri Syariah. (2023). BRKSyariah Berkah untuk Semua.
Hastuti, E. W., Santoso, H., Wibowo, A., Fitriani, C., & Amala, D. (2022). SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE OF ISLAMIC BANKING IN SOUTHEAST ASIA BASED ON ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX. Ekonomi Islam, 13(1), 1–9. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei
Irvin Widowati, A., Ayu Oktoriza, L., & Indriana, D. T. (2016). PRAKTIK ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi Kasus Terhadap Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Indeks). In Jurnal Dinamika Sosial Budaya (Vol. 18, Issue 2).
Muhammad. (2004). Etika Bisnis Islam. UPP AMP YKPN.
Musfiqoh, S., & Sukamto. (2024). METODOLOGI PENELITIAN EKONOMI SYARIAH. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. www.penerbitlitnus.co.id
OJK. (2024). Statistik Perbankan Syariah (pp. 1–116). Otoritas Jasa Keuangan.
PT Bank Aceh Syariah. (2023). BANK ACEH Kepercayaan dan Kemitraan 2023.
Rafika, & Maharani, Y. (2021). ANALISIS CSR DAN HUBUNGANYA DENGAN PROPITABILITAS MASA COVID-19 PADA PERUSAHAAN KONSUMSI. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7. https://doi.org/DOI.10.36908/isbank
Reni, P. S., & Julianto, D. (2023). Implementasi E-Banking Syariah pada Sistem Informasi Manajemen Industry. Jurnal: SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah, 5(01), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.59636/saujana.v5i01.122
Syahira, T. (2022). Analisis Implementasi E-Banking Syariah pada Sistem Informasi Manajemen Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2, 3972–3979.
Utari Sri, A., Suryana, & Wulandari Sri, N. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY DENGAN METODE ISLAMIC SOCIAL REPORTING. IQSTIHADUNA Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 11, 18–36. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/iqtishaduna.v11i1.1129
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sineba Arli Silvia (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
